Sulawesi Tenggara

Contact An Agent

Objek Wisata di Sulawesi tenggara

Sulawesi Tenggara adalah salah satu provinsi dengan ibukotanya  Kendari , dan mempunyai banyak sekali obyek wisata antara lain Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak Obyek wisata Sulawesi Tenggara yang sangat terkenal yaitu  Wisata Sejarah Benteng Buton (Benteng Kraton Sultan Buton) dan Taman Nasional Wakatobi.

Benteng Buton

"objek wisata di sulawesi tenggara"

Peninggalan Sejarah Meriam di Benteng Buton Sulawesi Tenggara

"tempat wisata di sulawesi tenggara"

Peninggalan Sejarah di Objek Wisata Benteng Buton Sulawesi Tenggara

"objek wisata benteng keraton Buton sulawesi Tenggara"

"objek wisata benteng buton"

Objek Wisata Benteng Buton Sulawesi Tenggara

"objek wisata di indonesia"

Salah Satu Bangunan Sejarah di dalam Benteng Buton

"wisata indonesia"

Makam Silsilah kerajaan Buton

Objek Wisata Sejarah Benteng Buton ini boleh dikatakan adalah benteng yang terbesar di Dunia (yang mengelilingi satu perbukitan pulau Buton) setelah Gread Wall/ Tembok Cina), Mengelilingi benteng ini tidak cukup waktu seharian bila berjalan kaki. Memasuki pintu utama kawasan ini di sebelah kiri dijumpai prasasti yang bertuliskan silsila raja-raja Kerajaan Butun, disebelah kanan berdiri Mesjid Tua Buton yang sangat khas dan unik, dan terlihat pula Batu bertuah dan  Batu Kramat yang mempunyai kolam kecil yang tidak pernah kering, Makam para raja-raja, Balai Pertemuan para raja-raja, Ruang pelantikan Raja, dan lain peninggalan sejarah kerajaan Buton seperti Meriam/ Basoka Tua.

Pantai Nirwana

"objek wisata pantai nirwana sulawesi tenggara"

Objek Wisata Pantai Nirwana Sulawesi tenggara

"tempat wisata pantai nirwana sulawesi tenggara"

Lokasi Wisata Pantai Nirwana Sulawesi tenggara

"tempat wisata di sulawesi tenggara"

Pemandangan Pantai Nirwana Sulawesi tenggara

Pantai nirwana sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat kota Bau-Bau yang dengan kekayaan dan keunikannya sebagai satu pantai yang memiliki berbagai keunggulan dalam dunia wisata bahari.
Lokasi wisata alam pantai Nirwana yang berada di kelurahan Sula kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau selain memiliki panorama alam yang indah juga dapat dimanfaatkan untuk ajang olah raga Diving dan therapy untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Taman Nasional Wakatobi

"objek wisata taman nasional wakatobi"

Objek Wisata Taman Nasional Wakatobi

"pantai wakatobi sulawesi tenggara"

Objek Wisata Pantai Wakatobi Sulawesi Tenggara

"objek wisata"

Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.
Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan diantaranya (Cephalopholus argus), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan lain-lain.
Taman Nasional Wakatobi juga menjadi tempat beberapa jenis burung laut seperti Angsa-Batu Coklat (Sula leucogaster plotus), Cerek Melayu (Charadrius peronii) dan Raja Udang Erasia (Alcedo atthis) bersarang. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).
Perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus. Tidak hanya itu Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari Manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari Manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis.

Pulau Liwutongkidi

"objek wisata pulau liwutungkidi sulawesi tenggara"

Objek Wisata Pulau Liwutungkidi Sulawesi Tenggara

"pantai liwutungkidi sulawesi tenggara"

Pemandangan Pantai Pulau Liwutungkidi Sulawesi Tenggara

Objek Wisata Pulau Liwutongkidi merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata sehingga mudah dijangkau dari Pelabuhan Bau-Bau, dengan menggunakan speed boat perjalanan laut sekitar 15 menit.
Pulau Liwutongkidi oleh pemerintah daerah Kabupaten Buton dimasukkan sebagai salah satu kawasan pengembangan terpadu BASILIKA (Batauga, Siompu, Liwutongkidi, dan Kadatua). Tujuannya adalah untuk mengembangkan objek wisata bahari (bawah laut) di kabupaten yang kaya dengan aneka wisata baharinya itu. Diharapkan dengan adanya kawasan BASILIKA, gairah para wistawan untuk berkunjung ke Kabupaten Buton meningkat. Walaupun pulau ini tidak begitu besar bila dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di Kepulaun Buton, pulau ini mampu memberikan nuansa yang unik melalui keindahan pantai dan pesona bawah lautnya.

Air Terjun Moramo

"objek wisata air terjun moramo di indonesia"

Objek Wisata Air Terjun Moramo Sulawesi tenggara

"tempat wisata air terjun moramo"

Lokasi Wisata Air Terjun Moramo Sulawesi Tenggara

Objek Wisata Air terjun terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa yang mempunyai luas 38.937 Ha. Tepatnya terletak di Kabupaten Konawe Timur atau sekitar 60 km dari kota Kendari, ibukota Propinsi Sulawesi Tenggara. Keindahan berbalut suasana tenteram serta aliran semilir angin yang begitu sejuk merupakan anugerah alam yang amat menakjubkan bagi para wisatawan yang bekunjung. Di kawasan wisata air terjun ini juga terdapat potensi kekayaan batu alam berupa marmer. Diperkirakan, kandungan marmer tersebut secara keseluruhan berkisar 860 milyar meter kubik. Marmer di kawasan ini merupakan salah satu sumber cadangan marmer terbesar di dunia.
Beberapa air terjun di wilayah lain di Indonesia mempunyai kontur alam yang bertingkat, sehingga sering disebut air terjun bertingkat, semisal Air Terjun Beringkat di Propinsi Riau. Hampir serupa seperti air terjun bertingkat itu, Air Terjun Moramo memiliki tujuh tingkatan. Namun, Air Terjun Moramo ini memiliki keunikan yang khas daerah batuan kapur, yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas. Dengan batuan kapur yang mengelilinginya para wisatawan tidak perlu takut untuk memanjatnya karena dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat.
Di kawasan objek wisata Air Terjun Moramo, juga terdapat aneka flora dan tak ketinggalan ragam fauna seperti beraneka burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya. Umumnya, para wisatawan datang ke tempat wisata ini merasa amat puas karena disuguhi tidak hanya pemandangan alam air terjun yang sangat nyaman dipandang mata.

Pantai Nambo

"objek wisata pantai nambo kendari"

Objek Wisata Pantai Nambo Lendari Sulawesi tenggara

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan Pantai Nambo sebagai obyek wisata andalan di daerah tersebut sebab sangat mudah dijangkau, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah.lokasi Pantai Nambo ini sangat mudah dijangkau sekitar tujuh kilomter dari pusat Kota Kendari, dan udaranya yang sejuk serta lokasinya selalu terjaga kebersihannya.
Pantai Nambo selalu dipenuhi dengan wisatawan, baik lokal maupun luar daerah terutama pada hari libur yaitu Sabtu dan Minggu.