Kalimantan Barat

Contact An Agent

Objek Wisata di Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat terbentuk tanggal 1 Januari 1957 dengan Ibukota Pontianak. Pembentukannya berbarengan dengan provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Pada awal kemerdekaan, wilayah Kalimantan Barat merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan. Kalimantan Barat banyak memiliki Objek Wisata Alam, ini terbentuk karena sebahagian besar Provinsi ini terdiri dari Hutan & Sungai. Bekas Peninggalan Sejarah Kerajaan / Kesultanan di Provinsi ini juga mendukung Wisata Sejarah.Di Kalimantan Barat sedikitnya pernah berdiri 13 kerajaan.  Kerajaan-kerajaan tersebut adalah Tanjungpura, Sukadana, Simpang, Mempawah, Sambas, Landah, Tayan, Meliau, Sanggau, Sekadau, Sintang, Kubu, dan Pontianak. Tumbuhnya kerajaan tersebut bermula dari kedatangan Prabu Jaya, anak Brawijaya dari Pulau Jawa.

Tahun 1598, Belanda mulai mendarat di Kalimantan. Namun kolonialisme baru mencengkram Kalimantan pada abad ke 17. Ketika itu, Belanda dan Inggris berusaha untuk menguasan perdagangan. Sementara itu, Kerajaan Bugis juga berusaha menguasai Kalimantan. Mereka kemudian mendirikan kerajaan baru di Mempawah. Selain itu, lahir pula Kesultanan Pontianak, yang pada masa pemerintahan Sultan Hamid menggabungkan diri dengan Republik Indonesia.

Berikut ini beberapa ulasan tentang Objek Wisata di Kalimantan Barat.

Kesultanan Sambas

"objek wisata di kalimantan barat"

Tempat Wisata Keraton Sambas Kalimantan Barat

Pusat pemerintahan Kesultanan Sambas terletak di sebuah kota kecil yang sekarang dikenal dengan nama Sambas. Untuk mencapai kota ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat dari kota Pontianak ke arah barat laut sejauh 175 km, melalui kota Mempawah, Singkawang, Pemangkat, dan Sambas. Pada bidang tanah ini terdapat beberapa buah bangunan, yaitu dermaga tempat perahu/kapal sultan bersandar, dua buah gerbang, dua buah paseban, kantor tempat sultan bekerja, bangunan inti keraton (balairung), dapur, dan masjid sultan.

Di dalam kompleks keraton terdapat tiga buah bangunan. Di sebelah kiri bangunan utama terdapat bangunan yang berukuran 5 x 26 meter. Pada masa lampau bangunan ini berfungsi sebagai dapur dan tempat para juru masak keraton. Di sebelah kanan bangunan utama terdapat bangunan lain yang ukurannya sama seperti bangunan dapur. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat Sultan dan pembantunya bekerja. Dari bangunan tempat Sultan bekerja dan bangunan utama keraton dihubungkan dengan koridor beratap dengan ukuran panjang 5,90 meter dan lebar 1,50 meter.

Di bagian dalam bangunan tempat Sultan dan pembantunya bekerja, tersimpan beberapa benda pusaka kesultanan, di antaranya singgasana kesultanan, pedang pelantikan Sultan, gong, tombak, payung kuning yang merupakan lambang kesultanan, dan meriam lele. Meriam lele yang jumlahnya tujuh buah hingga sekarang masih dianggap barang keramat dan sering diziarahi penduduk. Masing-masing meriam yang berukuran kesil ini mempunyai nama, yaitu Raden Mas, Raden Samber, Ratu Kilat, Ratu Pajajaran, Ratu Putri, Raden Pajang, dan Panglima Guntur.

Tugu Khatulistiwa

"objek wisata di pontianak"

Objek Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa Objek wisata kalimantan barat, Pontianak Utara lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat didalam gedung.

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.
Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.

Pantai Samudera Indah

Pantai Samudera Indah Letaknya cukup strategis dan merupakan patai dari posisi laut China Selatan. Pantainya memanjang dari arah selatan ke timur sekitar 5 kilometer. Sama seperti pantai lain di kawasan ini, Pantai Samudera dikaruniai pantai landai dengan pasir putih. Tidak berlebihan sekiranya bilamana seorang dosen hukum dari Eramus Univesity Rotterdam, Belanda Sander L Gellalerty menamakan pantai itu nomor dua setelah Kuta, Bali.

"tempat wisat di kalimantan barat"

Pantai Samudera Kalimantan Barat

Bukit Kelam

Bukit Kelam menyuguhkan suasana alami yang terdiri dari flora dan fauna langka, dan sebagian merupakan flora dan fauna endemik kalbar.  Bukit Kelam merupakan sebuah bukit batu yang alami, pengunjung dapat naik ke puncak dengan menggunakan anak tangga ataupun menggunakan fasilitas panjat tebing disana.

"tempat wisata di kalimantan barat"

Objek Wisata Bukit Kelam Kalimantan Barat