Jawa Tengah

Contact An Agent

 Objek Wisata di Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah beribukota Semarang ini terkenal dengan Objek Wisata Sejarah dan Budayanya, salah satunya Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Cagar Budaya di Provinsi ini harus di lestarikan agar dapat terus di nikmati sampai Generasi kita yang akan datang. Berikut ini  beberapa Objek Wisata yang dapat anda kunjungi di Provinsi Jawa tengah.

Candi Borobudur

"objek wisata candi borobudur magelang jawa tengah"

Objek Wisata Candi Borobudur Magelang – Jawa Tengah

Candi Borobudur memiliki punden tangga struktur dasar, dengan enam meter persegi, tiga halaman melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua pelatarannya beberapa pengadilan stupa.Sepuluh diselenggarakan jelas menggambarkan sekolah Borobudur Mahayana filsafat. Seperti sebuah kitab, Borobudur menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha. Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau “nafsu rendah”. Bagian ini sebagian besar tertutup oleh tumpukan batu yang diduga dibuat untuk memperkuat konstruksi candi. Pada bagian yang tertutup struktur tambahan ini terdapat 120 panel cerita Kammawibhangga. Sebagian kecil struktur tambahan disisihkan sehingga orang masih dapat melihat relief pada bagian ini. Empat lantai dengan dinding berelief di atasnya oleh para ahli disebut Rupadhatu. Lantai berbentuk persegi. Rupadhatu adalah dunia yang telah mampu membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk. Tingkat ini merupakan sifat yang, antara alam dan ke atas bawah alam. Pada bagian ini Rupadhatu patung Buddha ditemukan di relung dinding di atas pagar langkan atau selasar. Mulai kelima untuk lantai tujuh dinding tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud). Denah melingkar. Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana orang bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana. Patung Buddha ditempatkan di dalam stupa ditutupi dengan lubang seperti dalam kandang. Dari luar patung-patung itu masih redup. Level tertinggi yang menggambarkan ketiadaan diwakili dalam bentuk stupa terbesar dan tertinggi. Stupa digambarkan polos tanpa lubang. Di stupa terbesar yang pernah ditemukan patung Buddha yang tidak sempurna atau belum selesai juga dikenal sebagai Buddha, yang disalahsangkakan sebagai patung Adibuddha, tetapi melalui penelitian lebih lanjut tidak pernah ada patung pada patung, stupa utama yang tidak selesai itu merupakan kesalahan pemahatnya pada zaman dulu . sesuai dengan keyakinan bahwa patung itu tidak salah dalam proses manufaktur tidak boleh dirusak. Penggalian arkeologi yang dilakukan di halaman candi ini menemukan banyak patung seperti ini. Struktur Borobudur tidak memakai semen sama sekali, namun sistem interlock yaitu seperti balok-balok Lego yang bisa menempel tanpa lem.

Baturaden

"objek wisata baturaden jawa tengah"

Objek Wisata Air Terjun Baturaden Jawa Tengah

"objek wisata di jawa tengah"

Objek Wisata Baturaden Jawa Tengah

"holiday to Central of java"

Baturaden adalah sebuah Tempat wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.. Baturaden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturaden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Baturaden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini.
Baturaden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 20 km.
Disekitar Kawasan ini dapat anda temui beberapa tempat wisata seperti :

* Pancuran Pitu Baturaden
* Pancuran Telu
* Telaga Sunyi
* Bumi Perkemahan
* Pemandian Air Panas
* Curug Ceheng
* Wahana Wista Lembah Combong
* Combong Valley Paint Ball and War Games
* Kaloka Widya Mandala

Dataran Tinggi Dieng

"objek wisata dataran tinggi dieng"

Pemandangan Alam Dataran Tinggi Dieng

"holiday to dieng central of java"

Pemandangan Kabut Waktu Dini Hari di Dataran Tinggi Dieng Jawa tengah

"attraction in central of java"

Kawah Cabdradimuka Dieng Jawa Tengah

"central of java tourist sites"

Kawah Sikidang Dieng Jawa tengah

"holiday to indonesia"

Kawah Sileri Dieng Jawa Tengah

"objek wisata dataran tinggi dieng"

Candi Gatotkaca Dieng Jawa Tengah

Dieng adalah sebuah kawasan di daerah dataran tinggi di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Dieng terbagi menjadi Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.Kawasan ini terletak sekitar 26 km di sebelah Utara ibukota Kabupaten Wonosobo, dengan ketinggian mencapai 6000 kaki atau 2.093 m di atas permukaan laut. Suhu di Dieng sejuk mendekati dingin. Temperatur berkisar 15—20°C di siang hari dan 10°C di malam hari. Bahkan, suhu udara terkadang dapat mencapai 0°C di pagi hari, terutama antara Juli—Agustus.
Beberapa peninggalan budaya dan alam telah dijadikan sebagai obyek wisata dan dikelola bersama oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Berikut beberapa obyek wisata di Dieng.

* Telaga: Telaga Werna, sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung, Telaga Pengilon, Telaga Merdada.
* Kawah: Sikidang, Sileri, Sinila (meletus dan mengeluarkan gas beracun pada tahun 1979 dengan korban 149 jiwa), Kawah Candradimuka.
* Kompleks candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7, antara lain: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati.
* Gua: Gua Semar, Gua Jaran, Gua Sumur. Terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, sering digunakan sebagai tempat olah spiritual.
* Sumur Jalatunda.
* Dieng Volcanic Theater, teater untuk melihat film tentang kegunungapian di Dieng.