Objek Wisata di Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) adalah sebuah provinsi diujung Pulau Sumatera  beribu kota Banda Aceh. Berbatasan dengan Sumatera Utara dan Laut Cina Selatan. NAD terdiri dari 23 kabupaten / kota dengan total luas 56.500 km2. NAD memiliki suku asli Aceh, Gayo Alas, Tamiang & Siemeleu. Jika ekuitas di era saat ini masing-masing suku yang berbaur dengan suku-suku lain, baik dengan atau dengan imigran asli. Populasi hampir 99% dari NAD beragama Islam. Karena hal tersebut provinsi ini disebut Serambi Mekkah, karena secara historis  pertama kalinya Islam masuk ke Indonesia melalui Aceh.
NAD yang sekarang Anda akan melihat jauh berbeda, lebih modern, pembangunan yang lebih cepat, meskipun pada 26 Desember 2004 Provinsi ini dihancurkan oleh tsunami. Propinsi NAD masih memiliki hutan yang sangat luas, budaya masih kuat di genggaman dan memiliki sejarah yang luar biasa. Hal ini dapat Anda lihat dari banyaknya pemakaman dan Istana Raja, Sultan, Syekh, dan Ketua wilayah di masa lalu. NAD juga memiliki alam yang luar biasa indahnya, banyak air terjun, sumber air panas alam dan keindahan panorama pantai dari awal Kota Langsa sampai kota Banda Aceh.

Masjid Raya BAITURRAHMAN

"objek wisata masjid baiturrahman aceh"

Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Belum lengkap jika anda ke kota Banda Aceh belum mengunjungi Masjid raya Baiturrahman. Masjid ini merupakan kebanggaan masyarakat Aceh, yang merupakan landmark dan ikon Banda Aceh. Ini adalah masjid bersejarah karena masjid ini dibakar beberapa kali oleh Belanda, untuk pesta masjid menjadi simbol perjuangan Aceh melawan penjajah Belanda. Masjid Baiturrahman juga merupakan sejarah tsunami pada bulan Desember 2004, karena pada peristiwa Tsunami masjid Baiturrahman masih berdiri kokoh meski dihantam gelombang tsunami.

Makam Kerkhoff

"objek wisata pemakaman kerkoff banda aceh"

Pintu Gerbang Komplek Pemakaman Kerkhoff Banda Aceh

"objek wisata di indonesia"

Pemakaman Tentara Belanda Kerkhoff Banda Aceh

"holiday to indonesia"

Banda Aceh memiliki Komplek kuburan militer Belanda, Kerkhoff. Ini adalah salah satu Komplek pemakaman tentara Kolonial yang terbesar di dunia, sekitar 2.200 tentara, termasuk empat jenderal dimakamkan di sini, disini tempat para pejuang Aceh yang sangat gigih melawan Belanda colonialism. Perang Aceh terjadi di 1873-1904, perang yang menjadi Sejarah buat Belanda, ini adalah perang paling pahit yang dialami tentara Belanda.
Kerkhoff adalah Komplek Pemakaman kedua terbesar setelah Komplek Pemakaman Tentara Belanda yang terbesar di Belanda. Pemakaman Kerkhoff menjadi tempat Wisata yang menarik, terutama bagi wisatawan asing dari Belanda. Sampai saat ini Pemerintah Kerajaan Belanda sangat menghormati warga Banda Aceh karena Masyarakat setempat telah merawat dengan Rapi Komplek Pemakaman ini.

Goa Putri Pukes

"objek wisata goa putri pukes"

Objek Wisata Goa Batu Putri Pukes

"objek wisata di aceh"

Batu Putri Pukes

Goa Putri Pukes adalah salah satu objek wisata di kabupaten Aceh Tengah. Kisah ini menjadi legenda di antara mayarakat sekitar. Benar atau tidak legenda Putri Pukes, sampai sekarang tidak ada yang tahu. Goa Putri Pukes kini telah menjadi Tempat Wisata. Di dalam gua ada batu yang diyakini sebagai Putri Pukes, ada kendi & memiliki kursi batu serta alat pemotong kuno yang terbuat dari batu.
Abdullah, penjaga gua,  ia bercerita kalau batu tersebut semakin besar, karena terkadang batu itu menangis sehingga ada air  yang keluar dari dalam batu.
Abdullah mengatakan sementara sumur besar, setiap tiga bulan air di sumur itu kering dan air tidak ada, jika ada air orang pintar akan datang untuk mengambil air. Sementara Kendi / tempayan air yang telah menjadi batu pernah diambil orang, tetapi kembali lagi karena orang tersebut gelisah setelah mengambilnya.

Sumber Air Panas Simpang Balik

"holiday to aceh"

Objek Wisata Sumber Air Panas Wih Pesam Simpang Balik Aceh

Objek Wisata Sumber air panas Wih Pesam Simpang Balik sangat istimewa. Sumber air ini bersih dan tidak berbau. Didukung suhu lingkungan sangat dingin menghipnotis orang sekitar untuk berendam di kolam air panas.Saat ini ada 3 lokasi Mandi Air Panas Wih Pesam  Simpang balik. Orang sekitar biasa menyebutnya
Kolam Bawah
Kolam Atas
Kolam Tengah
Setiap Tempat mandi  memiliki dua kolam terpisah, satu untuk pria dan satu untuk wanita. Temperatur air kolam masing-masing berbeda. Berturut-turut dari yang paling panas ke yang lebih dingin, menengah-atas-bawah. Cukup membayar Rp 2000, -/org kita dapat memanjakan tubuh Anda dengan air hangat sehat.
Lokasi pemandian tersebut terletak di Simpang Balik  Tekengon Bireun kabupaten Bener Meriah. Terletak sekitar 25 km dari kota Takengon (Kab. Aceh Tengah) dan sekitar 75km dari kota Bireun (Bireun).
Pengunjung biasanya datang dari sore hingga malam. Pada hari2 libur apalagi pengunjung sangat ramai. Hampir tidak cukup lokasi pemandian ini. Jika Anda ingin mandi dengan puas & bisa berenang di biasanya akan datang saat pagi hari.